Penawaran Nilai Southwest: “Seadanya, dengan Harga yang jauh Lebih Murah”
Dalam sebuah industri yang sedang dirudung masa sulit, Maskapai Penerbangan Southwest justru mampu menembus persaingan. Selepas keruntuhan ekonomi dunia dan dampak dari terorisme yang kian meningkat, kebanyakan maskapai mengalami kerugian sangat besar dalam beberapa tahun belakangan, atau bahkan gulung tikar. Namun, kendati dalam masa-masa suram seperti ini, Southwest belum pernah sekalipun mengalami kerugian. Hebatnya, Southwest bahkan menikmati keuntungan selama 31 tahun berturut-turut. Apa rahasianya? Southwest merupakan maskapai yang paling kuat dan jelas penawarannya di dunia. Perusahaan tersebut mengusung sebuah penawaran nilai yang klasik yakni “Seadanya, dengan Harga yang jauh Lebih Murah”.
Sejak awal, Southwest telah dengan tegas memposisikan dirinya sebagai maskapai bertarif murah tanpa kemewahan macam-macam. Rata-rata waktu tempuh penerbangannya hanya 1 1/2 jam saja; dan harga rata-rata tiket sekali jalannya kurang dari USD88. Para penumpang Southwest telah memahami pengalaman terbang tanpa pelayanan yang mewah. Contohnya, maskapai tersebut tidak menyediakan makanan—hanya kacang dan kudapan ringan. Perusahaan itu juga tidak menawarkan penerbangan untuk kelas satu, hanya 6 kursi di masing-masing sisi dalam semua pesawatnya. Tidak ada fasilitas hiburan selama perjalanan dan tidak ada istilah pesan-kursi dalam penerbangan Southwest. Pada waktu chek-in, para penumpang diatur secara berkelompok saat menaiki pesawat dan digembala ke atas pesawat dalam tiga kelompok. “Southwest akan mengantar anda dan barang bawaan anda ke tempat tujuan anda,”ujar seorang analis di industri penerbangan,”namun bukan tanpa alasan jika kami menyebut pesawat mereka kendaraan pengangkut ternak.”
Lalu mengapa tetap banyak penumpang yang mencintai Southwest? Mungkin saja alasan paling penting karena kinerja Southwest sangat baik, utamanya di urusan mengantarkan para penumpangnya ke tempat tujuan mereka secara tepat waktu. Setiap tahun, Southwest bersama perusahaan-perusahaan di industri penerbangan menduduki peringkat atas di bidang kinerja tepat waktu, tata kelola bagasi dan pelayanan pelanggan. Kesemuanya itu memberikan kepuasan bagi para penumpang Southwest. Selama 13 tahun berturut-turut, Southwest menempati urutan pertama dalam kategori keluhan pelanggan paling sedikit menurut laporan Departemen Transportasi Udara USA. Dan setidaknya dalam kurun 10 tahun kebelakang, perusahaan itu dinobatkan sebagai maskapai nomor satu di industri penerbangan dalam urusan kepuasan pelanggan menurut Indeks Kepuasan Pelanggan Amerika.
Namun demikian, di atas hal-hal mendasar di atas, terdapat dua elemen kunci kekuatan penawaran Southwest. Analis menyimpulkannya sebagai berikut: ”Tidak mewah...namun murah dan menyenangkan.” Southwest adalah sebuah model efisiensi dan operasi berbiaya rendah. Hasilnya, harga menjadi sangat murah. Ketika memasuki suatu pasar yang baru, Southwest menyatakan: ”Southwest datang, dan harga-harga penerbangan berjatuhan.” Bahkan, saat Southwest memasuki pasar harga-harga sampai begitu rendahnya sehingga menaikkan jumlah lalu lintas udara dengan menarik pelanggan yang tadinya bepergian dengan mobil atau bis. Sebagai contoh, ketika Southwest memulai jalur penerbangan Louisville-Chicago dengan tarif sekali jalan USD49 berbanding dengan kompetitornya yang memasang tarif USD250, jumlah mingguan penumpang lalu lintas udara antar kedua kota itu meningkat dari 8000 menjadi 26000 orang.
Kendati tanpa kemewahan dan bertarif murah, bukan berarti membosankan. Dengan tujuan menghibur, Southwest menambah satu bahan penting lainnya—banyak hiburan. Dengan chairman yang nyantai dan salah satu pendiri perusahaan Herb Kelleher yang memelopori strategi itu, Southwest menolak untuk tampil terlalu serius. Karyawan yang murah senyum dengan caranya masing-masing tampil menggoda, memberikan kejutan dan menghibur para penumpang. Menurut sebuah kesaksian:
Pegawai Southwest apik berpakaian ala kurcaci pada Hari Raya Saint Patrick, sebagai kelinci di Hari Raya Paskah, dan berkostum hampir apa saja di perayaan Halloween. Saya pernah mendengar para pramugarinya menyanyikan pedoman keselamatan dalam musik country, blues dan rap; saya pernah mendengar para pramugarinya bercanda menyamakan sang pilot seperti Rocky Racoon dan memaksa para penumpang untuk memperkenalkan diri mereka kepada sesama penumpang lainnya, lalu memeluk, mencium dan kemudian melamar mereka.
Kelleher sendiri terkenal dengan dandanannya yang ala Elvis Presley kala menyapa para penumpang.
Ketika penundaan jam terbang berlangsung di pintu masuk, agen tiket kerap membagikan hadiah kepada para penumpang yang mengenakan kaos kaki dengan lubang paling besar. Pramugari sudah biasa bersembunyi di dalam lemari bagasi pesawat untuk kemudian mengejutkan para penumpang saat mereka mulai memasuki pesawat. Penumpang yang sering terbang dengan Southwest senang mendengarkan pengumuman dari pengeras suara. Dalam sebuah perjalanan, sang pilot berujar,”Para pramugari harap membenahi rambut, karena kita segera berangkat.” Instruksi tentang keselamatan pun dicampur dengan saran seperti,”Saat tekanan udara turun drastis, kantung-kantung udara akan turun dari atap pesawat. Berhentilah berteriak, ambil kantung-udaranyanya, dan pasang di wajah anda. Jika anda berpergian bersama satu anak anda, pasang kantung-udara anda terlebih dahulu sebelum memasangkannya pada anak anda. Namun jika anda berpergian bersama dua anak anda, dari sekarang pilih mana yang paling anda cintai.”
Bahkan, kantor pusatnya sekalipun juga mencerminkan rasa humor maskapai tersebut.
Datanglah ke kantor pusat Southwest di kawasan Love Field di Dallas, dan anda pasti menyangka bahwa anda sedang berada di kawasan bermain Pee-Wee. Dinding-dingnya penuh dengan gambar...
MARIACHI USA Festival 
MARIACHI USA Festival celebrates 20 years of family, pride and tradition at the Hollywood Bowl in Los Angeles, CA. On June 20 sing and dance the night away to 4½ hours of an effervescent experience of outstanding Mariachi music, folklorico dancers and a spectacular fireworks finale. The best Father’s Day celebration for the entire family! Produced by Rodri Entertainment. Sponsored by Southwest Airlines.
For more information call 800-MARIACHI or visit www.mariachiusa.com.
| Southwest Airlines presents The 2009 BURGER KING® Tu Ciudad, Tu MúsicaSM | |
|---|---|
![]() | Southwest Airlines Co. is a proud promotional partner of The 2009 BURGER KING® Tu Ciudad, Tu MúsicaSM Promotion, an annual music competition featuring some of the best unsigned local Latin artists nationwide. The event culminates with a performance by internationally recognized headliner talent and coincides with major Hispanic Festivals in McAllen, Miami, San Antonio, Los Angeles, Atlanta, Houston, Denver, San Francisco, New York and Chicago. Join us for great live music, free giveaways, while supplies last, and a good time for the entire family! For more information, including a complete event listing with dates and locations, as well as free music downloads from participating artists, visit http://english.burgerkingmusica.com (English) or http://usa.burgerkingmusica.com (Spanish) |
Grand Ole Opry
Southwest Airlines is a proud promotional partner of the Grand Ole Opry. The unique art form we call country music owes its phenomenal rise in popularity to the Opry, a live show that began in Nashville, Tennessee more than 80 years ago. The tradition is stronger than ever today, as several times each week the Opry presents a live show with an ever-changing mix of famous and soon-to-be-famous talent sharing the stage. At the Opry, you can count on things happening you just can't see anywhere else. For tickets and information, visit www.opry.com.
| The Health Museum in Houston, TX | |
|---|---|
![]() | Southwest Airlines is proud to be the Official Airline of The Health Museum in Houston, Texas. The John P. McGovern Museum of Health & Medical Science, also known as The Health Museum, is a member institution of the world-renowned Texas Medical Center and is located in the heart of Houston’s Museum District. Southwest Airlines is excited to support the Health Museum's mission to increase interest and regard for healthier lifestyles. This partnership allows us to contribute to the overall health of the Houston community.
For information about the Museum or its programs, please call (713) 521-1515 or visit www.thehealthmuseum.org. |
Dándole Alas a Tu Éxito/Giving Flight to Your Success
Southwest Airlines, in conjunction with The Hispanic Association of Colleges and Universities (HACU), kicks off its annual educational travel award program. Through this educational initiative, Dándole Alas a Tu Éxito/Giving Flight to Your Success, Southwest Airlines will provide roundtrip tickets to students with socio-economic need and who travel away from home to pursue a higher education. For criteria and information about applying for the program, please visit:
www.hacu.net/hacu/lanzate_EN.asp?SnID=300375996
National Baseball Hall of Fame and Museum (Cooperstown, NY)
Southwest Airlines is a Proud Sponsor of the National Baseball Hall of Fame and Museum in Cooperstown, New York. Nestled between the Catskill and Adirondack mountains in central New York State, the Museum is just an hour and a half west of Albany International Airport. The Baseball Hall of Fame has become an international destination that chronicles the evolution of our National Pastime. From humble beginnings and a small collection of artifacts in the mid-1930s, the Hall of Fame has evolved into a cultural showcase, where people come to learn about the past, and soon discover that Baseball is the common thread of our national spirit.
To learn more about the National Baseball Hall of Fame and Museum, please visit: www.baseballhalloffame.org.
Naismith Memorial Basketball Hall of Fame (Springfield, MA)
Southwest Airlines is proud to be the Official Airline of the Naismith Memorial Basketball Hall of Fame in Springfield, Massachusetts - just a short hop from Bradley International Airport. The Basketball Hall of Fame serves as a resource for the community to pursue its curiosity about the game of basketball and the men and women who played the game.
Be sure to visit the designated kiosk at the Naismith Memorial Basketball Hall of Fame to participate in the Southwest Airlines’ Trivia Challenge for your chance to win two (2) roundtrip tickets on Southwest Airlines.
To learn more about The Naismith Memorial Basketball Hall of Fame and the history of an American sport, please visit www.hoophall.com!




Nice one, bro!
BalasHapus